Cara Mod Design Game FlappyBird


Mungkin banyak dari kalian yang sudah mengetahui game ini karena game ini sempat booming di tahun 2013 karena kesulitan memainkannya dan membuat para pemainnya emosi bahkan sempat ada kabar karena emosi bermain FlappyBird ada yang saling membunuh. Game ini adalah game Android dan iOS, yang dibuat oleh seorang pengembang dari Hanoi, Vietnam bernama Nguyen Ha Dong dan diluncurkan pada bulan Mei 2013. Untuk memainkannya yakni dengan cara mengetukkan jari ke layar ke ponsel untuk membuat si burung terbang melewati pipa berwarna hijau, setiap melewati 1 pipa skor akan bertambah 1. Jika kita mengetuk tidak pada waktunya burung bisa saja jatuh atau menabrak ke pipa, sehingga kita harus mengulang dari awal game ini. Menurut penciptanya game ini diciptakan hanya untuk kegiatan bersantai para pemainnya


\

Di artikel saya kali ini yang berjudul "Cara Mod Design Game FlappyBird" saya akan mengajarkan kalian cara mod design game Flappy Bird(bukan mod seperti mengatur kecepatan atau semacamnya).

Just info : Sebaiknya ngemod dan download bahannya langsung di PC kalian



1. Aplikasi

Tentu kita membutuhkan aplikasi tersebut, kalau ga ada aplikasi apa dong yang di mod ?, kalian bisa mendownload FlappyBird.apk di tombol bawah ini atau di menu diatas.



2. Alat atau Tool

Alat yang kita butuhkan kali ini adalah alat untuk decompile (membongkar apk) dan recompile (pembentukan kembali apk), kalian bisa mendownload tool nya di tombol download di bawah ini  atau di menu diatas.


Lalu extract file .zip tersebut dan akan ada folder bernama mod, buka folder mod dan akan ada 2 folder APK Tool dan SignApk. Folder APK Tool untuk decompile sedangkan folder SignApk untuk recompile

3. Decompile aplikasi

Untuk decompile aplikasi pertama-tama kalian harus menaruh file .apk (pastikan nama file tidak di beri spasi )di folder APK Tool lalu cari file CMD pada folder APK Tool.
Setelah itu akan muncul command prompt seperti di bawah ini (bentuk tampilan mungkin berbeda).

Lalu ketikkan teks ini (tanpa tanda petik) "apktool d FlappyBird.apk" , karena di folder saya nama aplikasinya FlappyBird.apk maka saya tuliskan seperti di atas , tetapi jika nama aplikasinya flappy. apk kita hanya perlu mengubahnya menjadi "apktool d flappy.apk".Fungsi dari text d adalah untuk decompile aplikasi yang dipilih.Setelah menulis text tekan enter lalu tunggu sampai loading selesai.

Setelah loading selesai akan ada folder baru di dalam folder APK Tool biasanya nama folder tersebut sama dengan nama aplikasi yang di decompile.
4. Mengedit design game  

Untuk mengedit design kalian bisa buka folder aplikasi yang telah di decompile  assets gfx atlas
lalu edit lah gambar sesuka kalian ,kalian bisa menggunakan photoshop untuk mengedit dengan mudah. Sebagai contoh di sini saya mengganti warna pada burung menjadi hitam dan mata merah.



Setelah selesai mengedit kalian harus mengesave gambar di tempat yang sama , nama yang sama dan format yang sama. Kalian juga bisa mengedit logo flappy bird pada folder yang telah di decompile lib 

5. Recompile Aplikasi 

Untuk melakukan recompile pertama-tama kita harus build aplikasi yang telah di edit tadi dengan cara buka file CMD pada folder APK Tool lalu ketik (tanpa tanda petik) "apktool b FlappyBird" jika nama folder yang akan dibuild itu Burung maka ketik "apktool b Burung". Tekan Enter, tunggu hingga loading selesai. Buka kembali folder yang di build tadi dist FlappyBird.apk . Pindahkan aplikasi yang telah di build ke folder SignApk lalu pada folder SignApk cari klik file CMD dan akan muncul seperti di bawah ini.

Ketikkan teks(tanpa tanda petik) ke cmd "java -jar signapk.jar certificate.pem key.pk8 FlappyBird.apk Test.apk"(naam FlappyBird. apk adalah aplikasi yang akan di recompile dan nama Test.apk adalah nama hasil recompile yang kita mau), lalu tekan enter dan tunggu cmd sedang recompile aplikasi kalian, setelah cmd selesai recompile nanti aplikasi akan langsung ada di dalam folder SignApk.


Setelah itu kalian pun bisa menginstall game yang sudah kalian mod tadi.

Sekian artikel saya kali ini , semoga bermanfaat bagi para pembaca. 

Diupload pada : Sabtu, 23 Juli 2016

Previous
Next Post »

KonversiConversion EmoticonEmoticon

Konversi & menjadi &
Konversi ' menjadi '
Konversi " menjadi "
Konversi < menjadi &lt;
Konversi > menjadi &gt;

Penulisan Markup Di Komentar
Untuk menulis huruf bold gunakan <strong> </strong> atau <b></b>.

Untuk menulis huruf italic gunakan <em> </em> atau <i></i>.

Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.

Untuk menulis huruf striketrought gunakan <strike></strike>.

Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan alat konversi di atas ini.